STIEBBANK, Revolusi Pendidikan Kewirausahaan Pertama di Indonesia

www.KampusPencetakPengusaha.com

Revolusi pendidikan kembali hadir dari Kota Pendidikan Yogyakarta. Hebat Group mengakuisisi sebuah perguruan tinggi terkemuka bernama @STIEBBANK. Grup yang dipimpin Master Bisnis @Putuputrayasa ini juga sekaligus membongkar sistem pendidikan STIEBBANK sebagai “kampus pencetak pengusaha”. Terobosan spektakuler ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Dengan tagline “kampus pencetak pengusaha”, matra kewirausahaan akan menjadi roh utama dalam proses pendidikan di perguruan tinggi yang berdiri sejak 1995 ini. Kewirausahaan akan mewarnai iklim akademik, bukan sekadar sebagai mata kuliah pelengkap.

Sejak minggu pertama, mahasiswa baru akan diajak untuk langsung terjun ke dunia bisnis. Sejak minggu pertama, mahasiswa sudah didorong untuk memiliki visi ke depan sebagai pengusaha. Praktisi bisnis sukses pun sudah dihadirkan sejak minggu pertama supaya mahasiswa langsung bersinggungan dengan pola pikir para pengusaha.

Penggagas konsep ini adalah Master Bisnis @Putuputrayasa. Di dunia pendidikan, namanya sudah dikenal luas berkat debutan prestisiusnya mendirikan perguruan tinggi di usia 26 tahun. Oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), rekor itu dicatat. Putu yang sempat nyaris tak bisa melanjutkan sekolah karena orangtuanya miskin tersebut berhasil membalik keadaan dengan mendirikan “AMIK AKMI” (Akademi Manajemen Informatika dan Komputer) di Baturaja, Sumatera Selatan, kampung kelahirannya. Lewat AKMI ia telah membuktikan bahwa mimpi banyak generasi muda untuk mengenyam pendidikan berkualitas tidak harus terganjal oleh kesulitan ekonomi.

Di dunia bisnis, @Putuputrayasa juga sudah sangat dikenal di karpet merah pergaulan para pengusaha sukses sebagai seorang master bisnis yang teruji dalam berbagai iklim usaha. Memulai bisnis di minggu pertama saat kuliah di Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, dengan membuka toko komputer, pondasi bisnis ia letakkan sejak itu. Sempat bangkrut, ia bangkit lagi.

Sadar bahwa ternyata bisnis begitu banyak tantangan, @Putuputrayasa menggagas berdirinya Kos Hebat. Ini terobosan besar di dunia kewirausahaan. Kos Hebat adalah kos pencetak pengusaha. Selama 2 bulan penuh, calon pengusaha dibekali banyak aspek tentang bisnis. Siang-malam selama tinggal di kos khusus di kawasan Condongcatur, Yogyakarta, mereka dimodali “intangible asset” bernama pengetahuan dan keterampilan menjalankan usaha sekaligus. Para praktisi bisnis hebat dihadirkan sebagai mentor untuk mengajar soal perencanaan bisnis (business plan), perencanaan pemasaran (marketing plan), pelaporan keuangan, strategi bisnis, hingga praktik berjualan baik secara online maupun turun ke lapangan.

Selain belajar dari para praktisi bisnis sukses, para peserta Kos Hebat juga langsung bisa belajar dari jejaring bisnis yang dikelola Hebat Group: www.investasitanah.com, www.hebatpromosindo.com, www.bukuhebat.com, www.kavlingtanah.com, www.sekolahmenulishebat.com, dll. Mereka langsung bisa berperan sebagai partner bisnis. Bisa sebagai pengelola, bisa sebagai administrator, bisa sebagai pemasar.

Sinergi pendidikan dengan praktik bisnis berjejaring tersebut ternyata membuahkan hasil yang luar biasa. Para peserta Kos Hebat secara cepat mengalami kenaikan kapasitas secara signifikan. Mereka menguasai aspek-aspek pengetahuan berbisnis secara lengkap, benar, dan sistematis, sekaligus amat tangguh dalam pertempuran bisnis di lapangan. Nyali mereka dalam menggempur pasar yang tak selalu bersahabat makin kokoh berkat landasan teori yang mewadahi pula.

Ini tak lepas dari pembekalan intensif di Kos Hebat. Selama 2 bulan tinggal di kos, setiap peserta menjalani proses belajar yang sedemikian serius. Ya, menjalani, bukan sekadar melihat dan mencatat. Di kelas, mereka berlatih berbicara di depan forum, presentasi rencana dan hasil kerja secara tertulis, serta menghitung dan menggambar mimpi sukses mereka secara rinci. Alhasil, pengusaha-pengusaha yang berlatih di Kos Hebat “lulus” sebagai pengusaha yang cakap dalam berpikir  sekaligus cekatan dalam bekerja.

Inisiasi selama setahun ini yang akan diusung ke STIEBBANK. Kami yakin, proses yang begitu pendek di Kos Hebat saja bisa melahirkan pengusaha-pengusaha hebat, apalagi jika diintegrasikan dalam pendidikan tinggi yang lebih komprehensif. Kesempatan berlatih akan lebih luas.

Mengusung tagline “Kampus Pencetak Pengusaha”, STIEBBANK di bawah manajemen baru Hebat Group ini akan hadir dengan terobosan revolusioner di bidang pendidikan. Proporsi 75% praktik dan 25 teori akan menempatkan STIEBBANK sebagai kampus pertama di Indonesia yang secara sangat serius mengelola pendidikan kewirausahaan secara utuh. Kewirausahaan tidak hanya menjadi mata kuliah pemanis, melainkan menjadi napas akademik sepanjang waktu.

Sedari minggu pertama, mahasiswa akan langsung dibenamkan ke dalam samudera bisnis yang sangat luas. Praktisi bisnis sukses nasional akan kami hadirkan ke kelas untuk menyelami seluk-beluk samudera bisnis dan cara menaklukkan gelombang-gelombang tingginya. Rasa sukses sebagai pengusaha akan sudah disuntikkan sedari awal kuliah di STIEBBANK. Identitas “saya mahasiswa yang pengusaha, pengusaha yang mahasiswa” sudah disematkan sedari mereka memutuskan, “Ya, mulai hari ini saya jadi pengusaha. Mulai hari ini saya bekerja. Mulai hari ini saya tahu kapan bisa melunasi biaya kuliah ini. Mulai hari saya tahu bagaimana tahun depan saya kuliah tidak membayar melainkan dibayar!”

Tampak jelas gambarnya. Optimisme kami sangat bulat. Janji kami tentang “kuliah tanpa uang muka, uang kuliah bisa dicicil ringan seumur hidup” adalah janji yang sangat realistis. Nyatanya, persoalan biaya kuliah yang banyak dikeluhkan rakyat Indonesia ada jalan keluarnya. Kita tidak perlu melulu merengek minta jatah subsidi pendidikan kepada pendidikan. Sebab, nyatanya, pendidikan model STIEBBANK ternyata nantinya justru bisa memberi sumbangan besar kepada negeri ini. Dan pendidikan yang mampu melahirkan pengusahalah yang mampu melakukan itu. Pengusaha yang dilahirkan akan bertumbuh sebagai pemilik bisnis yang tangguh, yang membuka lapangan pekerjaan, yang memotori perekonomian Indonesia, yang pembayaran pajaknya akan menjadi penopang utama pendapatan negara.

Menarik, kan?

 

 

Salam hebat,

@AAKuntoA

Sekretaris Eksekutif Komite Perubahan

STIEBBANK “Kampus Pencetak Pengusaha”

[http://aakuntoa.com; aakuntoa@solusiide.com]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *