Cepat Copet Cepot

Menulis cepat presentasi @Putuputrayasa

Saat ini saya sedang menjadi pembicara seminar “Bagaimana Mendulang Sukses dengan Menulis” di STIEBBANK “Kampus Pencetak Pengusaha” bersama Business Master @Putuputrayasa. Putu Putrayasa sedang membombardir peserta dengan rudal-rudal ide seputar apa pentingnya menulis. Saya menanti giliran berikut sembari merebut perhatian peserta. Nanti, di sesi kedua, saya harus tampil lebih menarik, syukur lebih bagus.

Sembari menanti, saya menulis. Sembari menulis, saya mendengarkan. Sembari mendengarkan, saya menandai apa yang penting, apa yang menarik, apa yang penting dan menarik, dan apa yang berdaya jual.

Kali ini, telinga saya lebih tajam dari pena saya. Telinga saya menangkap mangsa ide yang sangat gurih. Saya siap menyembelihnya menjadi santapan yang lebih lezat dari olahan Chef Farah Quin, Chef Marinka, dan juri Master Chef Indonesia Maria Irene Sutanto. Mangsa itu diumpan oleh Putu Putrayasa.

Lontar Putu, “Saat ini, bukan yang muda mengalahkan yang tua, melainkan yang cepat mengalahkan yang lambat!” Aha, super sekali, kata Mario Teguh. Ups, super lezat sekali, liur saya.

Ini era twitter. Era media sosial. Era broadcast. Setiap ruang dipenuhi oleh pesan yang sedemikian pesat. Sesiapa menebar, ia memanen. Putu mengingat pesan yang tahun 1999 ia terima. Kelak, siapa menguasa informasi akan menjadi pemimpin. Kelak itu sekarang. Kelak itu sudah tiba persis di depan mata. Siapa mengelak, ia kalah telak. Siapa melahap dan berbagi, ia tak akan berkekurangan.

Era kecepatan sangat boleh dirayakan oleh mereka yang siap. Siap data, siap kata. Siap memimpin, siap ide. Siap di depan, siap terdepan, siap masa depan. Be a leader, more than a follower.

Era kecepatan sangat terbuka bagi mereka yang percaya diri, berisi, bermisi, dan berani bagaimana mencapai mimpi.

Kepercayaan diri itu soal kemasan, branding. Kalau bahasa mobil, soal warna cat yang sedang trend, model yang “modis”, dan penampilan yang “cakep”.

Isi (content) itu perkara kapasitas. Kalau bahasa mobil, soal CC (centimeter cubic) volume mesin dan torsi. Juga kemampuan berakselerasi mencapai kebutan dan hitungan waktu tertentu.

Misi itu mengenai arah dan tujuan. Cepat itu terukur dari ketepatan arah. Ngebut yang tak terarah ibarat pusaran tornado,puting beliung, angin puyuh, yang merusak!

Keberanian itu tantangan untuk beradu di lintasan balap. Ini soal mental. Mobil bagus, bermesin besar, dan bertujuan jelas, tanpa keberanian pengendara memacunya hanya layak diparkir di museum. Jadi tontonan tanpa tepuk tangan.

Saya yakin, saya orang pertama yang mengabarkan “gagasan kecepatan @Putuputrayasa”. Saya orang pertama yang menuliskan materi seminar “Bagaimana Mendulang Sukses dengan Menulis” di STIEBBANK hari ini di internet. Saya yakin, saya memenangi persaingan menulis dibandingkan panitia dan peserta seminar menulis hari ini. Saya yakin, saya layak memberi contoh peserta seminar, di sesi kedua nanti, bagaimana menulis secara cepat, menarik, dan menjual!

Apa hubungan tulisan ini dengan judul “Cepat Copet Cepot”! Hubungannya: copet bukan kata yang ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Anda membaca tulisan saya sampai akhir tanpa menyadari bahwa “cepot” itu tidak ada. Anda kecopetan!

 

Yogyakarta, 13 Desember 2012

AA Kunto A

Penulis, Pengajar Menulis di STIEBBANK dan Kos Hebat

[http://aakuntoa.com; aakuntoa@solusiide.com]

Incoming search terms:

  • putu putrayasa penipu
  • putu putrayasa penipuan

2 Comments

Add Yours
    • 2
      AA Kunto A

      Terima kasih Mbak Nilam sudah berkenan membaca tulisan saya sampai akhir. Kepada peserta pelatihan kala itu saya katakan: salah satu cara untuk menguji apakah pembaca melahap habis tulisan kita adalah ketika pembaca tidak menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak ia pahami dalam tulisan itu. Saya sebut di situ, ternyata “cepot” tidak ada dalam KBBI. Kemudian, permainan kata-kata “cepat, cepot, copet” sekadar sebagai permainan kata saja. Terima kasih sudah membaca tulisan saya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *