Haji Ayam, Ketekunan Sang Pekerja

Haji Ayam Ketekunan Pekerja“Jangan menilai orang dari penampilannya.”

Hiks, untung pesan itu selalu menyala laksana alarm. Lebih-lebih ketika bersua dengan orang yang penampilannya kelewatan: kelewat parlente atau kelewat kere.

Seperti siang ini. Tatkala sedang singgah di suatu tempat, seorang bapak menghampiri saya. Ia bertanya beberapa hal, dan saya antusias menjawabnya.

Bapak itu memperkenalkan diri, “Saya Haji Abdussalam.” Ia punya kios di Pasar Kangkung, Denpasar Selatan. Jualan ayam potong pagi hari. Sorenya menggelar lapak di depan Banjar Pemogan Kaja, tak jauh dari tempat kami bercengkerama.

“Mas, bisa minta tolong jualkan mobil saya?” Kami memang sedang seputar harga pasaran, dari harga ayam hingga segala macam harga. Termasuk harga mobil.

Mobilnya Honda Accord 2001 biru metalik. Begitu akunya. Saat ia menyebut angka penawaran, saya bukakan situs jual-beli mobil. “Ini harga pasarannya, Pak,” saya menunjukkan kisaran angka jual mobil yang dengan tahun produksi beragam.

“Begini saja, Pak. Boleh saya lihat mobilnya?” Tanpa ba-bi-bu, ia menstarter Honda Varionya, menyuruh saya membonceng, dan bergegas ke rumahnya. Tanpa helm.

Rumahnya kecil dan pendek. Berdinding batako terbuka, beratap seng. Separo rumah bagian belakang untuk penyembelihan ayam. Baunya amis. Untung saya disuguhi minuman dalam kemasan.

“Pak, tombol kaca spion di mana?” tanya saya. “Wah, saya nggak tahu.” “Lho kok nggak tahu?” cecar saya.

Ternyata Pak Haji nggak bisa nyetir mobil. Sudah sebulan mobil nggak dipakai. Pemakaian terakhir disopiri saudaranya.

“Kalau nggak bisa nyetir, untuk apa Pak Haji mau jual untuk DP beli Avanza?” “Mau saya sewakan untuk travel,” tukas kakek satu cucu asal Bangkalan, Madura, ini diiyakan istrinya. Travel ya ia maksudkan ternyata “grab” atau “uber”. Ia dengar dari tetangga, katanya bisnis transportasi berbasis aplikasi itu bisa ia jalankan tanpa ia harus bisa nyetir.

Semoga besok pembeli yang melihat iklan ini di owelek.com mau membayar tinggi karena kualitas mobilnya–yang besok pagi mau dicuci, bukan karena penampilan pemiliknya.

@AAKuntoA
CoachWriter | solusiide.com

 

#casing #penampilan #gayahidup #haji #pedagang #lifestyle #judge#dontjudgeabookbyitscover #cover

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *