Mau Jangka Panjang? Didik Manusianya!

Bisnis Itu Mendidik ManusiaBali, bagi banyak orang, adalah cerita tentang keindahan alam, pesona masyarakat tradisi, dan tuturan tentang kenangan-kenangan yang terbingkai dalam cerita perjalanan wisata.

Bali, bagi banyak orang, adalah layaknya daerah lain: tempat bekerja, tempat berbisnis, tempat studi. Ada cucuran keringat namun bukan karena berjemur di pantai. Ada tawa namun bukan karena luapan kegembiraan usai bermain air. Ada senyap namun bukan sepi karena aura mistis yang melingkupinya.

Saya banyak mendengar cerita dari Endi Teguh Syah Purba dan Humanity Citra tentang bagaimana kehidupan di Bali, utamanya tentang bisnis. Ada hal mendasar yang perlu dibenahi dalam bisnis kebanyakan di Pulau Dewata ini. Bahwa bisnis bukan semata membuka atau mendirikan. Bisnis adalah tentang merawat dan membesarkan.

“Banyak bisnis di Bali tumbang karena gagal memasarkan,” ujarnya membeberkan fenomena banyaknya ruko yang ditempeli tulisan “over kontrak”, resto yang hanya bertahan setahun di bilangan Legian-Kuta, dan papan-papan “lowongan karyawan” yang sepi tanggapan.

Minimnya pemasaran bertindih dengan lemahnya etos kerja banyak karyawan. “Mereka terjebak zona nyaman,” imbuh Endi. Impian yang rendah, mudah puas, dan ogah berinovasi banyak mendera karyawan dan pelaku usaha. Mereka lengah. Sebagai tujuan wisata, wisatawan boleh menuntut kenyamanan. Tidak dengan pelaku wisata, yang justru harus terus memunculkan kebaruan.

Berangkat dari potret itu, ia sedang menyiapkan SPARTAN COACHING CLINIC, melengkapi bisnis SPARTAN di bidang “direct advertising” dan “organizer”. Sebagai pemegang Certified Professional Coach, saya bersiap menjadi rekan. Bersama-sama kami merancang program “provokasi” supaya lahir SDM yang spartan, yang tangguh bekerja perorangan maupun berkolaborasi dalam tim.

Dengan demikian, selain dikenal keindahan alamnya, Bali juga dikenal berkat sosok elok manusianya.

 

Salam berdayakan,
@AAKuntoA
CoachWriter | www.solusiide.com

 

#coaching #coachingclinic #businesscoaching #manpower #talentcoaching#bali #bisnis #bisnisbalikpapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *