Tentang Saya

AA Kunto A, 2021

AA Kunto A, 2021

Karena mengantuk, saya kerap ditegur atasan. Itu kala kerja di pabrik. Heran, surat peringatan tak pernah melayang ke meja saya. Tahu, saya tak bisa dihukum dengan surat-surat. Lebih baik mengutus saya ke pelosok perkebunan, berpanas di tengah sawah, atau menempuh perjalanan lintas kota untuk riset temui orang-orang. Ngopi di warung tak bikin saya mengantuk.

Sambil ngopi makan soto. Saya suka soto. Ini makanan penyelamat segala bangsa. Di daerah mana pun ada soto. Saya suka soto orisinal. Saya percaya bumbu racikan penjualnya. Soto tak saya tambahi kecap, saus, apalagi sambal. Sebab, tak tepat takaran bisa merusak seluruh rasa. Andai toh ingin cicipi pedas, saya membubuhkan sambal di kuah penghabisan. Jika pas tentu puas, jika terlalu pedas, nikmat asli soto sudah saya rasakan sebelumnya.

Selain soto, saya pencinta mati bakmi jawa. Rujukan enak saya bakmi jawa khas Piyaman, Gunung Kidul. Perkecualian, kepada penjual bakmi jawa, saya nggak pernah bilang, “Tanpa micin ya, Pak.” Dengan tanpa micin, entah kenapa, bagi saya, bakmi jawa itu menguarkan rasa enak yang satu dengan lain penjual ada keunikan.

Keunikan juga seperti melekat di diri saya ketika mengerjakan projek penulisan dengan klien. Polanya sama: diawali dengan makan, diselesaikan sambil makan, dan dirayakan selesainya dengan makan-makan.

Suatu ketika, klien yang petinggi salah satu perusahaan otomotif terbesar di Indonesia mengundang saya makan siang di hotel bintang lima di bilangan Senayan. Baru akan bertemu pertama kalinya. Jadi, yang menghubungi saya pun sekretarisnya.

Waktu terbatas. Ia menyilakan saya pesan. Supaya cepat, saya pesan pada pramusaji, “Yang khas resto ini.”

“Lho, Bapak suka bakmi jawa ya?” tanya saya ketika makanan pesanan klien datang. “Suka sekali. Di antara bakmi nusantara, bakmi ini beda,” ujarnya sembari menyebut nama-nama warung bakmi jawa yang kerap disambanginya jika bertugas ke Jogja. “Anda asal mana, Mas?” Dengan gagah saya jawab, “Jogja, Pak.”

Seketika klien melepas jasnya. Juga dasinya. Lengan panjang bajunya ia gulung. Dengan nada menggerutu ia menyatakan sesal, “Tahu gitu kita tadi makan di Bakmi Jawa Pejompongan ya. Lebih leluasa. Nggak jaim kaya gini.”

Esok, di pertemuan-pertemuan berikutnya, kami makan bakmi jawa di beberapa warung di Jakarta. Atau ke angkringan di Duren Sawit. Tanpa dasi, ia suka kausan. Sesekali saya diundang ke kantor, tentu formal, untuk progress report meeting. Tanpa bakmi jawa, kebiasaan di kantor kambuh: ngantuk.

Jadi, mau makan bakmi jawa bareng saya?

Jalur serius: kirim undangan ke email aakuntoa@gmail.com

Jalur segera: share loc ke WA +62-816-427-1300

Salam hangat,

@AAKuntoA

58 Comments

Add Yours
  1. 7
    Tyka

    Dear kunto,

    Teruslah menulis dan menulis…

    Aku denger kabar kamu mau merit akhir bulan ini ya …?

    Apapun rencanamu kami dukung … Koq gak kasih kabar dan share ke kita ttg kabar gembira ini ..?

    Okay dech … maju terus dengan rencana2mu ya ..

    we love u

    salam,

    Ty.

  2. 8
    L.Sutikno

    Salam kenal, Mas Kunto, pengin sanget kados Panjenengan sregep nyerat. Kepencut wewarah “menulis mengeja kehidupan”. Semakin banyak menulis semakin banyak perhatian pada kehidupan, semakin toleransi,semakin menghargai orang lain, dan akhirnya semakin cinta akan Allah Sang Pencipta.

  3. 13
    Ajen

    Hi.. om Yogya :) selamat ya atas pernikahannya!! “Welcome to the jungle” :) Hope happy ever after, amiiin… Sorry ya kl telat ngasih selamat! :) Salam buat tmn2 galang, khususnya unk si om Raja Yogya. Ttp semangat, guys!! GBU.

  4. 15
    tipsbisnisuang

    mas kunto..

    numpang nge-link ya..

    Biar pojok dunia tau kita masih dapat berlari bersama sesama !

    salam sempurna

    budi herprasetyo
    tukang nge-tips bisnis

  5. 17
    aakuntoa

    MBak Pipit, Mbak Tyka, Mas Tikno, Mas Budi, Mas Roy, Mas Munggur, terima kasih sudah mampir di rumah saya. Sapaan Anda semua menghangatkan ruang kita. Silakan menikmati hidangan di meja kata. Atau singgah ke dapur rekagagas, racik sendiri ide Anda.

  6. 18
    aakuntoa

    Duh ada yang kelewatan. Jangan marah ya Mbak Ajen. Klo marah, saya kehilangan teman penulis yang sangat produktif. Mbak Ajen yang cantik, makasih juga sudah singgah. Thx juga sapaan sampeyan pagi tadi. Ayo, segera jadwalkan berkunjung ke kota sejuta ide. Ajak Putra, jagoan sampeyan ya…

  7. 20
    krismariana

    wah akhirnya sampai juga aku di blogmu, kun. suwe ra ketemu. piye kabare? salam ngge ovik yo. aku gek “kesasar” neng metropolitan ki, melu sigaraning nyawaku hehehe. blogmu tak link neng nggonku yo!

  8. 28
    Artha "Mac"

    Salam kenal kun aku wong berasal dari sumatera pengen knl n say hello karo kowe n pengen ngerti bahasa jowo n aku merasa senang banget bisa menyapa sampeyan

  9. 31
    Mas Octavian Elang

    Mas Kunto, apa kabar?
    Aku kok tidak tahu secara pribadi tentang kau. Tetapi aku terharu sekali kau menuliskan kisah ayahku yang menulis lagu Gunung Merapi di blog ini. Tiba-tiba aku merasa terharu. Terimakasih untuk penghargaanmu yang dahsyat bagi almarhum ayahku – Pak Maryoto.
    Bisakah aku meminta nomor teleponmu??

    Elang – Jakarta

  10. 32
    sylvia christyanti

    Mas Kunto, you might not know me, tapi aku tahu dirimu (Stece 94-97)Kalau butuh penerjemah berbahasa Prancis untuk kepentingan penerbitmu, bisa kontak saya. Nuwun.

  11. 37
    Dian

    Jadi mewek saya, inget guru-guru kita yang benar-benar seperti orang tua sendiri. Bahkan pak penjaga sekolahnyapun dengan sukarela melatih bulutangkis dan catur (Pak Ngatijo). Minta ijin kapan-kapan aku prin ya tulisan anda buat cerita anak-anak di sini. sekarang saya masuk menjadi anggota komite di SD ini, semoga menjadi lebih baik di kemudian hari. Do’a in ya!

  12. 51
    should women take dapoxetine

    Wonderful items from you, man. I’ve be mindful your stuff previous to and you are simply extremely fantastic.
    I really like what you have obtained right here, certainly like what
    you are saying and the best way through which you are saying
    it. You make it enjoyable and you still take care of to keep it sensible.
    I can not wait to read much more from you. That is really
    a great website. http://herreramedical.org/dapoxetine

Leave a Reply

Your email address will not be published.